Minggu, 15 Januari 2012

MANAGERVSLEADER



            Perbedaan antara manajerdanpemimpin :
1.      Dalam hal perencanaan :
 Manajer akan merencanakan sesuatu berdasarkan hal yang bersifat prosedural, teknis, terarah, tegas, dan tidak bertele-tele.
Pemimpin lebih tertuju kepada visi atau pandangan dalam perencanaannya.
2.      Dalam hal pegaruh :
Manajer hanya memiliki pengaruh dalam batas formal, dia hanya memiliki pengaruh ketika dia secara formal diberikan jabatan seorang manajer.
Pemimpin memiliki pengaruh luas, khrismatik, dan energik dalam berpikir, bahkan ketika pemimpin itu sudah tidak lagi menjabat sebagai pemimpin, namun pendapat-pendapatnya akan tetap di pertimbangkan dan di utamakan.
3.      Dalam mengatur sumber daya manusia di organisasinya :
Manajer akan memilih untuk memberikan perintah ini dan itu ketimbang menunggu bawahannya melakukan sesuatu untuknya, tugas itu biasanya terkesan menuntut.
Pemimpin akan memberikan wewenangnya untuk memberdayakan (empowering) bawahannya. Biasanya pemimpin akan menjelaskan keinginan yang berkaitan dengan organisasi dengan bawahannya tanpa menjelaskan bagaimana, apa, dan siapa yang harus merealisaikannya, namun justru bawahannya akan dengan senang hati merealisasikan tugas itu untuknya.
4.      Dalam mengontrol organisasi dan bawahannya :
Manajer akan cendrung malas untuk memberikan perhatian moral dalam mengontrol bawahannya, justru lebih sering memberikan kontrol yang sifatnya prosedural. Seperti memberikan sanksi untuk memberikan motivasi ke bawahannya yang kinerjanya mulai menurun.
Pemimpin biasanya akan memberikan kepedulian kepada bawahannya jika kinerja bawahannya mulai menurun.
5.      Dalam hal tujuan yang di capai :
Manjer memiliki tujuan yang jelas dan memiliki target kuantitatif, yaitu mendapatkan hasil yang sudah di tentukan oleh peruahaan atau organisasi dimana tempat dia menjabat.
Pemimpin akan lebih suka memperbaiki sistem di organisasinya yang ia rasakan kurang atau belum sempurna. Seperti perombakan kabinet INDONESIA BERSATU yang akan dilakukan presiden SBY.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar